Home » , , » Sistem Reproduksi Wanita Eksterna

Sistem Reproduksi Wanita Eksterna

Genitalia Eksterna menurut (Bobak, 2000)
a)    Vulva
Tampak dari luar (mulai dari mons pubis sampai tepi perineum), terdiri dari mons pubis, labia mayora, labia minora, clitoris, hymen, vestibulum, orificium urethrae externum, kelenjar - kelenjar pada dinding vagina.
Mons pubis/ semons veneris, Lapisan lemak di bagian anterior symphisis os pubis, pada masa pubertas daerah ini mulai ditumbuhi rambut pubis.

b)    Labia mayora
Lapisan lemak lanjutan mons pubis ke arah bawah dan belakang, banyak mengandung pleksus vena.Homolog embriologik dengan skrotum pada pria. Ligamentum rotundum uteri berakhir pada batas atas labia mayora. Di bagian bawah perineum, labia mayora menyatu (pada commisura posterior).

c)    Labia minor
Lipatan jaringan tipis di balik labia mayora, tidak mempunyai folikel rambut. Banyak terdapat pembuluh darah, otot polos dan ujung serabut saraf.

d)    Clitoris
Terdiri dari caput/ glans clitoris yang terletak di bagian superior vulva, dan corpus clitoris yang tertanam di dalam dinding anterior vagina. Homolog embriologik dengan penis pada pria. Terdapat juga reseptor androgen pada clitoris. Banyak pembuluh darah dan ujung serabut saraf, sangat sensitif.

e)    Vestibulum
Daerah dengan batas atas clitoris, batas bawah fourchet, batas lateral labia minora. Berasal dari sinus urogenital. Terdapat 6 lubang/ orificium, yaitu orificium urethrae externum, introitus vaginae, ductus glandulae Bartholinii kanan - kiri dan duktus Skene kanan-kiri. Antara fourchet dan vagina terdapat fossa navicularis.

f)    Introitus/ orificium vagina
Terletak di bagian bawah vestibulum. Pada gadis (virgo) tertutup lapisan tipis bermukosa yaitu selaput darah/ hymen, utuh tanpa robekan.
Hymen normal terdapat lubang kecil untuk aliran darah menstruasi, dapat berbentuk bulan sabit, bulat, oval, cribiformis, septum atau fimbriae. Akibat coitus atau trauma lain, hymen dapat robek dan bentuk lubang menjadi tidak beraturan dengan robekan (misalnya berbentuk fimbriae). Bentuk himen post partum disebut parous. Corrunculae myrtiformis adalah sisa selaput dara yang robek yang tampak pada wanita pernah melahirkan/ para.
Hymen yang abnormal, misalnya primer tidak berlubang (hymen imperforata) menutup total lubang vagina, dapat menyebabkan darah menstruasi terkumpul di rongga genitalia interna.

g)    Vagina
Rongga muskulo membranosa berbentuk tabung mulai dari tepi cervix uteri di bagian kranial dorsal sampai ke vulva di bagian kaudal ventral. Daerah di sekitar cervix disebut fornix, dibagi dalam 4 kuadran : fornix anterior, fornix posterior, dan fornix lateral kanan dan kiri. Vagina memiliki dinding ventral dan dinding dorsal yang elastis. Dilapisi epitel skuamosa berlapis, berubah mengikuti siklus haid.
Fungsi vagina : untuk mengeluarkan ekskresi uterus pada haid, untuk jalan lahir dan untuk kopulasi.
Bagian atas vagina terbentuk dari duktus Mulleri, bawah dari sinus urogenitalis. Batas dalam secara klinis yaitu fornices anterior, posterior dan lateralis di sekitar cervix uteri.
Titik Grayenbergh (G-spot), merupakan titik daerah sensorik di sekitar 1/ 3 anterior dinding vagina, sangat sensitif terhadap stimulasi orgasmus vaginal.

h)    Perineum
Daerah antara tepi bawah vulva dengan tepi depan anus. Batas otot-otot diafragma pelvis (m.levator ani, m.coccygeus) dan diafragma urogenitalis (m.perinealis transversus profunda, m.constrictor urethra).
Perineal body adalah raphe median m.levator ani, antara anus dan vagina. Perineum meregang pada persalinan, kadang perlu dipotong (episiotomi) untuk memperbesar jalan lahir dan mencegah ruptur.
Anda sedang membaca artikel tentang Sistem Reproduksi Wanita Eksterna dan anda bisa menemukan artikel Sistem Reproduksi Wanita Eksterna ini dengan url http://katumbu.blogspot.com/2012/09/sistem-reproduksi-wanita-eksterna.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Sistem Reproduksi Wanita Eksterna ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Sistem Reproduksi Wanita Eksterna sumbernya.

1 komentar: