Home » , » Lapisan Otak (meningen)

Lapisan Otak (meningen)

Lapisan Otak (meningen)
lapisan otak biasa juga disebut meningen.

Menurut Willson (2006), selaput otak terdiri atas tiga lapisan yaitu:
1) Durameter
Selaput keras pembungkus otak yang berasal dari jaringan ikat tebal dan kuat, pada bagian tengkorak terdiri atas selaput (perios) tulang tengkorak dan durameter tropia bagian dalam. Durameter mengandung rongga yang mengalirkan darah dari vena otak, dan dinamakan sinus vena.

2) Arachnoidea
Arachnoidea yaitu selaput tipis yang membentuk sebuah balon yang berisi cairan otak meliputi seluruh susunan saraf sentral, otak, dan medulla spinalis. Arachnoidea berada dalam balon yang berisi cairan. Ruang sub arachnoid pada bagian bawah serebelum merupakan ruangan yang agak besar disebut sistermagna. Ruangan tersebut dapat dimasukkan jarum kedalam melalui foramen magnum untuk mengambil cairan otak, atau disebut fungsi sub oksipitalis.

3) Piameter
Merupakan selaput tipis yang terdapat pada permukaan jaringan otak. Piameter berhubungan dengan arachnoid melalui struktur jaringan ikat. Tepi flak serebri membentuk sinus longitudinal inferior dan sinus sagitalis inferior yang mengeluarkan darah dari flak serebri tentorium memisahkan serebrum dengan serebelum (Willson, 2006).
Anda sedang membaca artikel tentang Lapisan Otak (meningen) dan anda bisa menemukan artikel Lapisan Otak (meningen) ini dengan url http://katumbu.blogspot.com/2012/09/lapisan-otak-meningen.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Lapisan Otak (meningen) ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Lapisan Otak (meningen) sumbernya.

1 komentar: