Home » , » Dampak Trauma Kepala

Dampak Trauma Kepala


Baca dulu konsep dasar Trauma Kepala Disini
Dampak trauma kepala terhadap sistem tubuh lainnya
Gangguan sistem persarafan akibat trauma kepala akan berdampak terhadap sistem tubuh lainnya yaitu :
  1. Sistem kardiovaskuler: Aktifitas miokard berubah termasuk peningkatan frekuensi jantung dan menurunnya stroke work dimana pembacaan CVP abnormal, tidak adanya stimulus endogen saraf simpatis mempengaruhi penurunan kontraktilitas ventrikel. Hal ini menyebabkan penurunan curah jantung dan meningkatkan tekanan atrium kiri. Akibatnya tubuh berkompensasi dengan meningkatkan tekanan sistolik. Pengaruh dari adanya peningkatan tekanan atrium kiri adalah terjadinya edema paru (Pahria, 2002) 
  2. Sistem pernafasan: Konsentrasi oksigen dan karbondioksida dalam darah arteri mempengaruhi aliran darah. Bila PO2 rendah, aliran darah bertambah karena terjadi vasodilatasi. Penurunan PCO2 akan terjadi alkalosis yang menyebabkan vasokonstriksi (arteri kecil) dan penurunan CBF (Cerebral Blood Fluid). Bila PCO2 bertambah akibat gangguan sistem pernafasan akan menyebabkan acidosis dan vasodilatasi. Hal ini menyebabkan pertambahan CBF, yang kemudian menyebabkan terjadinya penambahan tingginya tekanan intra kranial (TTIK). Edema otak karena trauma adalah bentuk vasogenik. Pada kontusio otak, terjadi robekan pada pembuluh kapiler atau cairan traumatik yang mengandung protein eksudat yang berisi albumin. Albumin pada cairan interstisial otak normal tidak didapatkan edema otak terjadi karena penekanan terhadap pembuluh darah dan jaringan sekitarnya. Edema otak dapat menyebabkan herniasi dan penekanan batang otak atau medulla oblongata. Akibat penekanan daerah medula oblongata dapat menyebabkan pernafasan ataksia dimana ditandai dengan irama nafas tidak teratur atau pola nafas tidak efektif (Pahria, 2002). 
  3. Sistem pencernaan : Hipothalamus merangsang anterior hipofisis untuk mengeluarkan steroid adrenal. Hal ini adalah kompensasi tubuh untuk menangani edema serebral. Namun, pengaruhnya terhadap lambung adalah peningkatan ekskresi asam lambung yang menyebabkan hiperasiditas. Selain itu hiperasiditas terjadi karena adanya peningkatan pengeluaran katekolamin dalam menangani stres yang mempengaruhi produksi lambung. Hiperasiditas yang tidak ditangani akan menyebabkan perdarahan lambung (Pahria, 2002). 
  4. Sistem endokrin dan perkemihan : Retensi natrium disebutkan karena adanya stimulus terhadap hipotalamus yang menyebabkan pelepasan ACTH dan sekresi aldosteron. Ginjal mengambil peran dalam peran dalam proses hemodinamik ginjal untuk mengatasi retensi cairan dan natrium (Pahria, 2002). 
  5. Sistem muskuloskeletal : Trauma kepala menyebabkan terjadinya kerusakan pada otak baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga berbagai proses pengolahan impuls yang dating terganggu, begitupun terhadap aktivitas otot dan rangka, sehingga bila terjadi kerusakan pada otak yang mengatur aktivits motorik maka akan menyebabkan terjadinya hemiplegi atau parese. Selain itu sebagi akibat tidak langsung dari terganggunya system pernafasan, kardiovaskuler dan pencernaan maka akan mengakibatkan terganggunya proses metabolisme sel sehingga terjadi kelemahan fisik. (Hudak and Gallo,2005 )
  6. Sistem integumen : Pada klien yang terjadi trauma kepala sehingga menimbulkan luka di kepla sehingga bila luka di kepala penyembuhan lukanya tidak baik akan didapatkan tanda-tanda rubor, tumor, dolor, kalor dan fungsiolesa dan bila infeksi akan didapatkan gangguan integritas kulit selain itu juga dapat terjadi peningkatan suhu tubuh sehingga pada anggota badan akan tampak banyak keringat.
Dengan hilangnya fungsi motorik, pasien cedera otak dapat rentan terhadap kerusakan kulit. Pasien tidak sadar, dan seseorang yang dalam keadaan imobilisasi, cenderung mengalami masalah kulit karena penekanan, kelembaban, gesekan dan penurunan sensasi (Hudak and Gallo,2005).
Konsep Dasar Trauma Kepala Disini
Anda sedang membaca artikel tentang Dampak Trauma Kepala dan anda bisa menemukan artikel Dampak Trauma Kepala ini dengan url http://katumbu.blogspot.com/2012/08/dampak-trauma-kepala.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Dampak Trauma Kepala ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Dampak Trauma Kepala sumbernya.

3 komentar: