Home » » Pedoman Nutrisi Untuk Manula

Pedoman Nutrisi Untuk Manula

Pedoman Nutrisi Untuk Manula
  1. Mengurangi konsumsi lemak dengan minum susu rendah lemak, memakan lebih banyak unggas-unggasan dan ikan dari pada daging merah. Batas porsi daging adalah 4-6 ons perhari. Tambahan lemak yang terbatas dari butter, margarin, dan salad berminyak. 
  2. Konsumsi makan penutup seperti buah segar atau kalengan, puding yang dibuat dari susu rendah lemak lebih baik dari pada mengkonsumsi pie, biscuit, cake atau es krim. 
  3. Yakinkan bahwa intake daging, unggas, ikan, telur dan keju cukup, karena konsumsi makanan ini berkurang pada manula. 
  4. Karena toleransi glukosa menurunkan konsumsi karbohidrat komplek seperti roti, sereal, beras, pasta, kentang dan kacang-kacangan lebih baik dari makanan yang banyak mengandung gula. 
  5. Mengkonsumsi sekitar 800 mg kalsium untuk mencegah kerapuhan tulang. Susu dan produk-produknya seperti keju, yoghurt, sup krim, puding susu, produk susu yang dibekukan adalah sumber kalsium yang utama. 
  6. Cukup konsumsi vitamin D untuk mempertahankan keseimbangan kalsium. Didapatkan dari susu. Bila susu dan produknya tidak dapat mentoleransi defesiensi laktosa, suplemen vitamin D bisa diberikan. 
  7. Diet rendah garam pada manula yang menderita hipertensi dan penyakit kardiovaskuler. Hindari sup kalengan, kecap, mustar, garam, rokok dan lain-lain. 
  8. Penggunaan aspirin dapat menurunkan intake daging dan kebutuhan zat besi akan meningkat. 
  9. Kesulitan mengunyah buah-buahan dan sayur-sayuran dapat menyebabkan defesiensi vitamin A dan C, mineral dan serat. Buah dan sayur yang dipotong, sayur berdaun hijau lebih baik. Dan mengganti daging, unggas, ikan yang susah dikunyah. 
  10. Memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat untuk mencegah konstipasi dan mengurangi penggunaan zat-zat laxatif.  
Makanan sebaiknya :  
  1. Menarik, warna lebih ditonjolkan untuk menimbulkan selera makan. 
  2. Memasak makanan dengan baik, agar mudah dikunyah oleh gusi. 
  3. Menyedikan zat-zat makanan yang penting, baru kemudian yang bergula/karbohidrat. 
  4. Tidak menyediakan teh, kopi pada sore dan malam hari yang dapat membuat insomnia
Anda sedang membaca artikel tentang Pedoman Nutrisi Untuk Manula dan anda bisa menemukan artikel Pedoman Nutrisi Untuk Manula ini dengan url http://katumbu.blogspot.com/2012/07/pedoman-nutrisi-untuk-manula.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pedoman Nutrisi Untuk Manula ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Pedoman Nutrisi Untuk Manula sumbernya.

1 komentar: