Home » , , » ALKOHOL : KERUGIAN DAN MANFAATNYA

ALKOHOL : KERUGIAN DAN MANFAATNYA


Apakah yang dimaksud dengan alkohol?

Alkohol adalah istilah umum untuk etanol, suatu senyawa yang dihasilkan ketika glukosa difermentasi oleh ragi. Kandungan alkohol dari minuman tertentu dikendalikan oleh jumlah ragi dan lama fermentasi.

Alkohol adalah obat yang memiliki efek langsung terhadap susanan hati. Minum itu membuat orang merasa santai, senang dan bahkan euforia, tetapi sebenarnya alkohol adalah depresan. Ini akan mematikan bagian otak yang mengontrol penilaian, yang menyebabkan hilangnya pikiran rasional. Bahkan Minum dalam jumlah yang sedikit alkohol dapat mempengaruhi koordinasi/keseimbangan fisik.

Didalam tubuh alkohol dianggap sebagai racun, dan organ  yang bertanggung jawab untuk menghilangkan racun dalam tubuh adalah hati. Hati harus berusaha keras untuk menghilangkan alkohol dalam darah, bahkan hati bisa rusak dalam melakukan pekerjaanya tersebut. Hati membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk menangani satu unit alkohol yang ada dalam darah.

Manfaat alkohol

Alkohol dikonsumsi dalam jumlah sedang diperkirakan membantu mengurangi risiko penyakit jantung. karena orang yang meminum alkohol tingkat kematiannya akibat penyakit jantung koroner (PJK) masih relatif rendah. Tapi Ini masih belum sepenuhnya jelas bagaimana alkohol bisa mengurangi risiko PJK. Setelah diteliti ternyata alkohol meningkatkan konsentrasi kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi risiko penggumpalan darah. Anggur merah, khususnya, juga mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan, yang membantu untuk mengurangi aterosklerosis (ketika lemak menumpuk di dinding bagian dalam arteri). Anggur merah tampaknya membantu menjaga kelenturan dinding pembuluh darah.

Kerugian dari meminum alkohol

Minum terlalu banyak alkohol tidak hanya akan meninggalkan rasa sakit pada hari berikutnya, tetapi pesta miras dan / atau minum lebih dari asupan yang disarankan secara teratur juga dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada organ-organ internal tubuh.

Penggunaan alkohol dalam jangka waktu yang lama merupakan salah satu penyebab utama dari sirosis hati (iparut pada hati). Hal ini terjadi karena sel-sel hati yang sehat mati dan sel-sel mati akan diganti oleh jaringan fibrosa.

Hati memainkan peran sentral dalam banyak fungsi tubuh termasuk metabolisme karbohidrat, protein dan lemak, detoksifikasi dan ekskresi produk sisa dari tubuh. Jaringan bekas luka tidak dapat berfungsi seperti jaringan sehat sehingga kondisi ini dapat mengancam kehidupan jika tidak diobati Lebih awal.

Perut borok (luka lambung) dan komplikasi gastrointestinal, serta masalah kesuburan, berat badan, dan kekurangan vitamin dan mineral tertentu semua dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan. Pesta minuman keras juga bisa meningkatkan tekanan darah, faktor risiko untuk serangan jantung dan Alkohol juga meningkatkan risiko kanker, mulut faring, laring, usus kerongkongan, (terutama pada pria) dan payudara.
Anda sedang membaca artikel tentang ALKOHOL : KERUGIAN DAN MANFAATNYA dan anda bisa menemukan artikel ALKOHOL : KERUGIAN DAN MANFAATNYA ini dengan url http://katumbu.blogspot.com/2012/07/alkohol-kerugian-dan-manfaatnya.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel ALKOHOL : KERUGIAN DAN MANFAATNYA ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link ALKOHOL : KERUGIAN DAN MANFAATNYA sumbernya.

11 komentar:

  1. singgah sini. follow n baca entry kamu :D happy blogging ya

    BalasHapus
  2. Salam kenal persahabatan, sebenarnya saya bingung mau berkomentar apa ya ..... yah ... mantap lah, happy blogging, thanks for sharing.

    BalasHapus
  3. minuman favorit anak jaman sekarang nich :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha.. seperti itulah keadaaanya..

      Hapus
  4. Brarti boleh di minum tuh.. tapi dikit aja..hehe
    di tunggu kunjungan baliknya ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke brow,, saya udah berkunjung dan meninggalkan komentar disana,, linknya saya psang di link sahabat brow, tinggal di klik ajha itu,, ada linknya disana..

      Hapus
  5. selamat siang sobat kunjungan persaudaraan,, dan salam sukses

    BalasHapus