Home » » ASKEP INFEKSI SALURAN KEMIH

ASKEP INFEKSI SALURAN KEMIH

A. KONSEP MEDIS 

Askep Infeksi Saluran Kemih

Pengertian 
Infeksi Saluran Kemih atau urinarius Troctus infection adalah sutatu keadaan adanya infasi mikroorganisme pada saluran kemih (Agus Tessy, 2001)
Infeksi Saluran Kemih adalah suatu keadaan adanya infeksi bakteri pada saluran kemih. (Enggram, Barbara, 1998)
Infeksi saluran kemih pada bagian tertentu dari saluran perkemihan yang di sebabkan oleh bakteri terutama escherichia coli: resiko dan beratnya meningkat dengan kondisi seperti refluksvesikouretral, obstruksi saluran perkemihan, statis perkemihan, pemakaian instrumen baru,septikemia. (Susan Martin Tucker, dkk,1998)
Infeksi saluran kemih adalah suatu istilah umum yang dipakai untuk mengatakan adanya invasi mikroorganisme pada saluran kemih. (Agus Tessy, Ardaya, Suwanto, 2001) 

Etiologi  
Jenis-jenis mikroorganisme yang menyebabkan ISK, antara lain 
  • Pseudemonas, Proteus,klebsiella: penyebab ISK complicated 
  • Escherichia coli:90% penyebab ISK uncomplicated 
  • Enterobacter, Staphyloccoccus epidemidis, enterococci,dll. 
Prevalensi penyebab ISK pada usia lanjut, antara lain: 
  • Sisa urine dalam kandung kemih yang meningkat akibat pengosongan kandung kemih yang kurang efektif 
  • Mobilitas menurun 
  • Nutrisi yang kurang baik 
  • Sistem imunitas menurun, baik seluler maupun humoral 
  • Adanya hambatan pada aliran urin 
  • Hilangnya efek bakterisid dari sekresi prostat  
Patofisiologi
Proses Penyakit
Infeksi saluran kemih disebabkan oleh adanya mikroorganisme patogenik dalam traktus urinarius. Mikroorganisme ini masuk melalui: kontak langsung dari tempat infeksi terdekat, hematogen, limfogen.
Ada 2 jalur utama terjadi ISK yaitu asending dan hematogen 
  1. Secara Asending yaitu : Masuknya mikroorganisme dalam kandung kemih, antara lain : faktor anatomi dimana pada wanita memiliki uretra yang lebih pendek dari pada laki- laki sehingga insiden terjadinya ISK lebih tinggi, faktor tekanan urin saat miksi, kontaminasi fekal, Pemasangan alat kedalam traktus urinarius (pemeriksaan sistoskopik, pemakaian kateter), adanya dekubitus yang terinfeksi 
  2. Secara Hematogen, yaitu : Sering terjadi pada pasien yang sistem imunnya rendah sehingga mempermudah penyebaran infeksi secara Hematogen. Ada beberapa hal yang mempengaruhi struktur dan fungsi ginjal sehingga mempermudah penyebaran hematogen, yaitu adanya bendungan total urin yang yang mengakibatkan distensi kandung kemih, bendungan intrarenal akibat jaringan. 
Pada usia lanjut terjadinya ISK ini sering disebabkan karena adanya : 
  • Sisa urin dalam kandung kemih yang meningkat akibat pengosongan kandung kemih yang tidak lengkap
  • Mobilitas menurun 
  • Nutrisi yang sering kurang baik 
  • Sistem imunitas yang menurun 
  • Adanya hambatan pada saluran urin 
  • Hilangnya efek bakterisid dari sekresi prostat 
Sisa urin dalam kandung kemih yang meningkat tersebut mengakibatkan distensi yang berlebihan sehingga menimbulkan nyeri, keadaan ini mengakibatkan penurunan resistensi terhadap invasi bakteri dan residu kemih menjadi media pertumbuhan bakteri yang selanjutnya akan mengakibatkan gangguan fungsi gunjal sendiri, kemudian keadaan ini secara hematogen menyebar keseluruh traktus urinarius. Selain itu beberapa hal yang menjadi predisposisi ISK, antara lain adanya obstruksi aliran kemih proksimal yang mengakibatkan penimbunan cairan bertekanan dalam pelvis ginjal dan ureter yang disebt sebagai hidronefroses. Penyebab umum obstruksi adalah jaringan perut ginjal, batu neoplasma dan hipertropi prostat yang sering ditemukan pada laki-laki diatas 60 tahun. 
Klasifikasi
Klasifiksi infeksi saluran kemih sebagai berikut : 
  1. Kandung kemih (sistitis): Sistitis (inflamasi kandung kemih) yang paling sering disebabkan oleh menyebarnya infeksi dari uretra. Hal ini dapat disebabkan oleh aliran balik irin dari utetra kedalam kandung kemih (refluks urtovesikal), kontaminasi fekal, pemakaian kateter atau sistoskop. 
  2. Uretra (uretritis): Uretritis adalah suatu infeksi yang menyebar naik yang di golongkan sebagai gonoreal atau non gonoreal. Uretritis gonoreal disebabkan oleh niesseria gonorhoeae dan ditularkan melalui kontak seksual. Uretritis non gonoreal adalah uretritis yang tidak berhubungan dengan niesseria gonorhoeae biasanya disebabkan oleh klamidia frakomatik atau urea plasma urelytikum 
  3. Ginjal (pielonefritis): Pielonefritis infeksi traktus urinarius atas merupakan infeksi bakteri piala ginjal, tubulus dan jaringan intertisial dari dalah satu atau kedua ginjal 
Infeksi saluran kemih (ISK) pada usia lanjut dibedakan menjadi : 
  1. ISK Uncomplicated (simple): ISK sederhana yang terjadi pada penderita dengan saluran kencing tak baik, anatomic maupun fungsional normal. ISK ini pada usia lanjut terutama mengenai penderita wanita dan infeksi hanya mengenai mukosa superficial kandung kemih. 
  2. ISK Complicated: Sering menimbulkan banyak masalah karena sering kali kuman penyebab sulit diberantas, kuman penyebab sering resisten terhadap beberapa macam antibiotika, sering terjadi bakterimia, sepsis, dan shock. 
ISK ini terjadi bila terdapat keadaan- keadaan sebagai berikut : 
  • Kelainan abnormal saluran kencing, misalnya batu, reflex vesiko uretral obstruksi, atoni kandung kemih, paraplegia, kateter kandung kencing menetap dan prostatitis. 
  • Kelainan faal ginjal :GGA maupun GGK 
  • Gangguan daya tahan tubuh 
  • Infeksi yang disebabkan karena organisme virulen seperti prosteus spp yang memproduksi urease. 
Manifestasi klinis 
Uretritis biasanya memperlihatkan gejala : 
  • Mukosa memerah dan edema 
  • Terdapat cairan eksudat yang purulent 
  • Ada Ulserasi pada uretra 
  • Adanya rasa gatal yang menggelitik 
  • Good morning sign 
  • Adanya nanah awal miksi 
  • Nyeri pada awal miksi 
  • Kesulitan untuk memulai miksi 
  • Nyeri pada bagian abdomen 
Sistitis biasanya memperlihatkan gejala : 
  • Disuria (nyeri waktu berkemih) 
  • Peningkatan frekuensi berkemih 
  • Perasaan ingin berkemih 
  • Adanya sel-sel darah putih dalam urin 
  • Nyeri punggung bawah atau suprapubic 
  • Demam yang disertai adanya darah dalam urin pada kasus yang parah. 
Pielonefritis akut biasanya memperlihatkan gejala : 
  1. Demam 
  2. Menggigil 
  3. Nyeri pinggang 
  4. Disuria 
Komplikasi : 
  1. Prostatitis 
  2. Epididimis 
  3. Striktura uretra 
  4. Sumbatan pada vasoepididinal 
Pemeriksaan Penunjang 
  1. Urinalisis : Leukosuria atau puria : merupakan salah satu bentuk§ adanya ISK. Leukosuria positif bila terdapat lebih dari 5 leukosit/ lapang pandang besar (LBP) sediment air kemih.Hematuria : Hematuria positif bila 5 – 10 eritrosit/ LBP sediment air kemih. Hematuria disebabkan oleh berbagai keadaan patologis baik berupa kerusakan glomerolus ataupun urolitiasis Bakteriologis 
  2. Mikroskopis: Biakan bakteri 
  3. Kultur urine untuk mengidentifikasi adanya organisme spesifik 
  4. Hitung koloni : hitung koloni sekitar 100.000 koloni per milliliter urin dari urin tampung aliran tengah atau dari specimen dalam kateter dianggap sebagai criteria utama adanya infeksi. 
  5. Metode tes: Tes dipstick multistrip untuk WBC ( tes esterase leukosit ) dan nitrit (tes Griess untuk pengurangan  nitrat). Tes esterase leukosit positif : maka pasien mengalami piuria. Tes pengurangan nitrat, Griess positif jika terdapat bakteri yang mengurangi nitrat urin normal menjadi nitrit,Tes Penyakit Menular Seksual (PMS) : Uretritia akut akibat organime menular secara seksual (misal klamidia trakomatis, neisseria gonnorrhoeae, herpes simplek) . 
  6. Tes - tes tambahan : Urogram Intravena (UIV), Pielografi (IVP), msistografi, dan ultrasonografi jugadapat dilakukan untk menentukan apakah infeksi akibat dari abnormalitas traktus urinarius, adanya batu, massa renal atau abses, hodronerosis atau hiperplasie prostat. Urogram IV atau evaluasi ultrasonic, sistoskopi dan prosedur urodinamik dapat dilakukan untuk mengidentifikasi penyebab kambuhnya infeksi yang resisten. 
Penatalaksaan Medis 
Penanganan Infeksi Saluran Kemih ( ISK ) yang ideal adalah agens antibacterial yang secara efektif menghilangkan bakteri dari traktus urinarius dengan efek minimal terhadap flora fekal dan vagina.
Terapi Infeksi Saluran Kemih ( ISK ) pada usia lanjut dapat dibedakan atas :
• Terapi antibodika dosis tunggal
• Terapi antibiotika konvensional : 5-14 hari
• Terapi antibiotika jangka lama : 4-6 minggu
• Terapi dosis rendah untuk supresi

Pemakaian antimicrobial jangka panjang menurunkan resiko kekambuhan infeksi.penggunaan medikasi yang umum mencakup: sulfisoxazole (gastrisin), trimethoprim/sulfamethoxazole ( tpm,smz, bactrim, septra), kadang ampicillin atau amoksisilin digunakan,tetapi E.Coli telah resisten terhadap bakteri ini. pyridium, suatu analgesic urinarius juga dapat digunakan untuk mengurangi ketidak nyamanan akibat infeksi. Dan dianjurkan untuk sering minum dan BAK sesuai kebutuhan untuk membilas mikroorganisme yang mungkin naik ke uretra,untuk wanita harus membilas dari depan kebelakang untuk menghindari kontaminasi lubang uretra oleh bakteri feces.

Konsep Askep Silahkan Klik tulisan Klik Disini yang ada dibawah ini. 
Bagi teman - teman yang ingin mendownload askep Lengkapnya silahkan Klik Di sini
Anda sedang membaca artikel tentang ASKEP INFEKSI SALURAN KEMIH dan anda bisa menemukan artikel ASKEP INFEKSI SALURAN KEMIH ini dengan url http://katumbu.blogspot.com/2012/03/askep-infeksi-saluran-kemih.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel ASKEP INFEKSI SALURAN KEMIH ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link ASKEP INFEKSI SALURAN KEMIH sumbernya.

2 komentar:

  1. artikelnya bagus, izin mmengutip y...
    saya sudah jadi member & link ny sdh pasang di blog cek di : http://macrofag.blogspot.com/p/blog-page_7.html
    jika sudi kunjunngi blog saya di : macrofag.blogspot.com..
    ditunggu backlink & follbackny :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih udah mau bertukar link sama saya,, tapi saya tidak bisa memasang baner anda, saya hanya bisa memasang link biasa,, linknya saya udah pasang di menu tukar link, silahkan di cek..

      Hapus