Home » , , » Air Penting Bagi Tubuh

Air Penting Bagi Tubuh

Artikel Tentang Air Penting Bagi Tubuh : Air atau cairan merupakan komponen penting dalam tubuh kita, meskipun air tidak dianggap sebagai nutrisi tertentu.

Mengapa kita membutuhkan air?
Air membentuk 50-70 persen dari jumlah berat badan orang dewasa. Prosentase cairan tubuh ini bervariasi antara individu, sesuai dengan jenis kelamin dan umur individu tersebut. Air penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh, karena ia terlibat dalam beberapa proses dalam tubuh kita. Misalnya, air membantu menyingkirkan racun dan mengontrol suhu, dan ia menyediakan medium atau tempat untuk reaksi biologis yang terjadi dalam tubuh.

Air yang hilang dari tubuh melalui air kencing dan keringat, dan harus diganti melalui minuman. Jika kita minum tidak mencukupi untuk kebutuhan tubuh kita, kita bisa mengalami dehidrasi, dapat menyebabkan gejala-gejala seperti sakit kepala, letih dan kehilangan kosentrasi. Dehidrasi kronis dapat berkontribusi atau berpartisipasi pada beberapa masalah kesehatan seperti sembelit dan batu ginjal.

Berapa banyak air yang kita butuhkan?
Tubuh kita mendapatkan cairan dari tiga sumber:
  1. Dari Minuman, apakah air putih atau sebagian dari minuman lain termasuk teh, kopi dan dll.
  2. Makanan, terutama buah-buahan dan sayuran (meskipun makanan seperti roti dan keju terdapat sejumlah kecil cairan tetapi tetap dihitung)
  3. Dan dari proses metabolisme yang dihasilkan dari dalam tubuh.
Orang Dewasa yang sehat membutuhkan antara satu setengah sampai tiga liter sehari, atau 6-8 gelas cairan setiap hari. kita mungkin membutuhkan lebih cair jika kita sangat aktif secara fisik atau pada waktu cuaca panas.

kita dapat menilai apakah kita minum air cukup untuk tubuh kita atau tidak, itu dapat dilihat dari warna air kencing kita. Jika air kencing kita berwarna kuning bercahaya, maka konsumsi cairan kita cukup. Jika air kencing kita berwarna kuning gelap, kita mungkin perlu minum lebih banyak, dan jika berwarna merah berarti itu darah, ada indikasi luka disaluran kencing. Mulai dari sekarang periksa memang warna kencing anda.

Bagaimana untuk mempertahankan keseimbangan cairan tubuh?
  1. Minumlah segelas air putih saat bangun pagi.
  2. Jika kita ingin melakukan perjalanan jangan lupa bawa sebotol air.
  3. Biasakan minum segelas air sebelum makan.
  4. Minumlah sebelum haus, jika kita sudah merasakan haus berarti kita sudah dehidrasi. Sangat penting untuk minum sebelum haus.
  5. Meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran segar, karena mereka memiliki konten air yang tinggi.
Anda sedang membaca artikel tentang Air Penting Bagi Tubuh dan anda bisa menemukan artikel Air Penting Bagi Tubuh ini dengan url http://katumbu.blogspot.com/2012/07/air-penting-bagi-tubuh.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Air Penting Bagi Tubuh ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Air Penting Bagi Tubuh sumbernya.

5 komentar:

  1. saya mau bertanya ga.katanya minum air sebelum makan itu tidak bagus ya bagi kesehatan.?

    BalasHapus
  2. wah bermanfaat gan,. thankyou

    BalasHapus
  3. thx gan, sangat berguna sekali artikelnya

    BalasHapus
  4. @Hot News:thenkyu udah berkunjung agan,,

    BalasHapus