Home » » Arti Gerakan Dalam Anatomi

Arti Gerakan Dalam Anatomi

Gerakan Dalam Anatomi
Adanya persendian memungkinkan gerakan yang bermacam-macam. Berbagai gerak dengan persendian dikontrol oleh kontraksi otot.

Fleksi dan ekstensi. Fleksi adalah gerak menekuk atau membengkokkan. Ekstensi adalah gerakan untuk meluruskan. Contoh: gerakan ayunan lutut pada kegiatan gerak jalan. Gerakan ayunan ke depan merupakan (ante) fleksi dan ayunan ke belakang disebut (retro) fleksi / ekstensi. Ayunan ke belakang lebih lanjut disebut hiperekstensi.
Arti Gerakan Dalam Anatomi
Ilustrasi

Adduksi dan abduksi. Adduksi adalah gerakan mendekati tubuh. Abduksi adalah gerakan menjauhi tubuh. Contoh: gerakan membuka tungkai kaki pada posisi istirahat di tempat merupakan gerakan abduksi (menjauhi tubuh). Bila kaki digerakkan kembali ke posisi siap merupakan gerakan adduksi (mendekati tubuh).

Elevasi dan depresi. Elevasi merupakan gerakan mengangkat, Depresi adalah gerakan menurunkan. Contohnya: Gerakan membuka mulut (elevasi) dan menutupnya (depresi)juga gerakan pundak ke atas (elevasi) dan ke bawah (depresi)

Inversi dan eversi. Inversi adalah gerak memiringkan telapak kaki ke dalam tubuh. Eversi adalah gerakan memiringkan telapak kaki ke luar. Istilah inversi dan eversi hanya untuk wilayah di pergelangan kaki.
Supinasi dan pronasi. Supinasi adalah gerakan menengadahkan tangan. Pronasi adalah gerakan menelungkupkan. Juga perlu diketahui istilah supinasi dan pronasi hanya digunakan untuk wilayah pergelangan tangan saja

Endorotasi dan eksorotasi. Endorotasi adalah gerakan ke dalam pada sekililing sumbu panjang tulang yang bersendi (rotasi). Sedangkan Eksorotasi adalah gerakan rotasi ke luar.
Anda sedang membaca artikel tentang Arti Gerakan Dalam Anatomi dan anda bisa menemukan artikel Arti Gerakan Dalam Anatomi ini dengan url http://katumbu.blogspot.com/2013/03/arti-gerakan-dalam-anatomi.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Arti Gerakan Dalam Anatomi ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Arti Gerakan Dalam Anatomi sumbernya.

4 komentar:

  1. mantap infonya,, biar untuk belajar anak saya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjunganya mas.. anak mas sekolah dimana memangnya??

      Hapus
  2. maaf ya baru bisa kesini, situs ku mengalami kerusakan database.. jadi mesti repair dulu.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga apa2 mas.. silahkan diperbaiki dulu situsnya supaya bisa di akses lagi..

      Hapus