Home » » ASKEP MASTOIDITIS

ASKEP MASTOIDITIS

A.    KONSEP MEDIS MASTOIDITIS 

Pengertian
Mastoiditis adalah inflamasi mastoid yang diakibatkan oleh suatu infeksi pada telinga tengah, jika tak diobati dapat terjadi osteomielitis (Kep.Medikal-Bedah : 348) 

Etiologi
Mastoiditis terjadi karena Streptococcus ß hemoliticus / pneumococcus. Selain itu kurang dalam menjaga kebersihan pada telinga seperti masuknya air ke dalam telinga serta bakteri yang masuk dan bersarang yang dapat menyebabkan infeksi traktus respiratorius. Pada pemeriksaan telinga akan menunjukkan bahwa terdapat pus yang berbau busuk akibat infeksi traktus respiratorius. 

Patofisiologi
Mastoiditis adalah hasil dari infeksi yang lama pada telinga tengah, bakteri yang didapat pada mastoiditis biasanya sama dengan bakteri yang didapat pada infeksi telinga tengah. streptococcus aureus adalah beberapa bakteri yang paling sering didapatkan pada infeksi ini. Seperti telah disebutkan diatas, bahwa keadaan-keadaan yang menyebabkan penurunan dari system imunologi dari seseorang juga dapat menjadi faktor predisposisi mastoiditis. Seperti semua penyakit infeksi, beberapa hal yang mempengaruhi berat dan ringannya penyakit adalah faktor tubuh penderita dan faktor dari bakteri itu sendiri. Dapat dilihat dari angka kejadian anak-anak yang biasanya berumur di bawah dua tahun, pada usia inilah imunitas belum baik. Beberapa faktor lainnya seperti bentuk tulang, dan jarak antar organ juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit. Faktor-faktor dari bakteri sendiri adalah, lapisan pelindung pada dinding bakteri, pertahanan terhadap antibiotic dan kekuatan penetrasi bakteri terhadap jaringan keras dan lunak dapat berperan pada berat dan ringannya penyakit.

Menurut Iskandar, H. Nurbaiti,dkk, (1997) Keradangan pada mukosa kavum timpani pada otitis media supuratif akut dapat menjalar ke mukosa antrum mastroid. Bila terjadi gangguan pengaliran sekret melalui aditus ad antrum dan epitimpanum menimbulkan penumpukan sekret di antrum sehingga terjadi empiema dan menyebabkan kerusakan pada sel – sel mastoid.
Timbul dari infeksi yang berulang dari Otitis Media Akut.
Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya infeksi berulang.
1. Eksogen : infeksi dari luar melalui perforasi membran timpani.
2. Rinogen : dari penyakit rongga hidung dan sekitarnya.
3. Endogen : alergi, DM, TBC paru.

Manifestasi klinis
1.      Febris/subfebris
2.       Nyeri pada telinga
3.      Hilangnya sensasi pendengaran
4.      Bahkan kadang timbul suara berdenging pada satu sisi telinga (dapat juga pada sisi telinga yang lainnya)
5.       Kemerahan pada kompleks mastoid
6.      Keluarnya cairan baik bening maupun berupa lender 

Komplikasi :
1.      Abses retro aurikula
2.      Paresis/paralisis syaraf fasialis
3.      Labirintitis
4.      Komplikasi intra kranial: meningitis, abses extra dural, abses otak. 

Penyimpangan KDM
Untuk mendownload askep lengkapnya silahkan Klik Disini
Rencana tindakanya jangan lupa juga didownload Klik Disini untuk mendownloadnya 

Penatalaksanaan Medis
Manifestasi klinik mastoiditis meliputi adanya pembengkakkan dibelakang telinga dan rasa sakit pada saat pergerakan minimal dari tragus, pinna atau kepala. Selulitis timbul di kulit atau di kulit kepala luar selama proses mastoid berlangsung. Pada pemeriksaan otostopik ditemukan adanya warna merah, membran timpani yang tidak bergerak dengan atau tanpa per-forasi. Nodes limpa postauricular teraba lembut dan membesar.
Antibiotika: ampisilin/amoxillin (3-4 x 500 mg oral), klindamisin (3x150 mg – Perawatan lokal dengan Perhidrol 3 % dan tetes telinga Chloramphenicol 

Untuk mendownload askep lengkapnya silahkan Klik Disini
Rencana tindakanya jangan lupa juga didownload Klik Disini
Catatan cara downloadnya :
Klik yang ada tulisan Klik disini,, setelah itu akan terbuka jendela baru,, tunggu sekitar lima detik akan muncul tulisan SKIP ADD.. Tekan tanda tersebut dan tunggu. Habis itu anda akan di bawa kesitus ziddu. Disitu akan muncul tulisan Download. Tekan tombol downloadnya dan tunggu, setelah itu akan minta kode. masukan kode tersebut dan silahkan klik download. Semoga sukses!!!
Anda sedang membaca artikel tentang ASKEP MASTOIDITIS dan anda bisa menemukan artikel ASKEP MASTOIDITIS ini dengan url http://katumbu.blogspot.com/2012/03/mastoiditis.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel ASKEP MASTOIDITIS ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link ASKEP MASTOIDITIS sumbernya.

0 komentar:

Poskan Komentar