Home » » PENYAKIT SIFILIS (RAJA SINGA)

PENYAKIT SIFILIS (RAJA SINGA)

Sifilis termasuk dalam penyakit menular seksual (PMS)
Penyebab sifilis 
Sifilis adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri yang dikenal sebagai Treponema pallidum.

Sifilis biasanya ditularkan dari satu orang ke orang lain saat berhubungan seks vaginal, oral atau anal. Hal ini dapat ditularkan melalui kontak kulit langsung dengan seseorang yang memiliki luka sifilis atau ruam sifilis, dan dengan berbagi macam gaya seks. Sifilis juga dapat ditularkan melalui transfusi darah. Sifilis dapat ditularkan dari ibu hamil kepada bayi yang belum lahir - ini dikenal sebagai sifilis bawaan. Semua wanita hamil diuji untuk kondisi tersebut.
  
Gejala sifilis
Gejala dan tanda dari sifilis banyak dan berlainan. Gejala Sifilis biasanya mulai timbul dalam waktu 1-13 minggu setelah terinfeksi. Gejala bisa berupa merasa tidak enak badan (malaise), kehilangan nafsu makan, mual, lelah, demam dan anemia. Penyakit Sifilis pada laki-laki lebih terlihat gejalanya dibandingkan dengan perempuan.
Berikut adalah 4 tahapan Sifilis:
  1. Fase Primer. : Terbentuk luka atau ulkus yang tidak nyeri (cangker) pada tempat yang terinfeksi; yang tersering adalah pada penis, vulva atau vagina. 
  2. Fase Sekunder :Fase sekunder biasanya dimulai dengan suatu ruam kulit, yang muncul dalam waktu 6-12 minggu setelah terinfeksi. 
  3. Fase Laten. Setelah penderita sembuh dari fase sekunder, penyakit akan memasuki fase laten dimana tidak nampak gejala sama sekali. Fase ini bisa berlangsung bertahun-tahun atau berpuluh-puluh tahun atau bahkan sepanjang hidup penderita. 
  4. Fase Tersier : Pada fase tersier penderita tidak lagi menularkan penyakitnya. Bila tidak diobati dengan benar, sifilis dapat menyebabkan efek serius seperti kerusakan sistem saraf, jantung, atau otak.
Pemeriksaan Diagnostic Sifilis
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejalanya. Diagnosis pasti ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan fisik.Pemeriksaan fisik dilakukan di seluruh permukaan kulit, rambut dan kuku, pembengkakan kelenjar getah bening, selaput lendir mulut, daerah genitalia/anogenitalia. Pemeriksaan laboratorium dilakukan dengan pemeriksaan sediaan langsung dan serologis.
Ada 2 jenis pemeriksaan darah yang digunakan:
  1. Tes penyaringan : VDRL (venereal disease research laboratory) atau RPR (rapid plasma reagin). Tes penyaringan ini mudah dilakukan dan tidak mahal. Mungkin perlu dilakukan tes ulang karena pada beberapa minggu pertama sifilis primer hasilnya bisa negatif. 
  2. Pemeriksaan antibodi terhadap bakteri penyebab sifilis. Pemeriksaan ini lebih akurat. Salah satu dari pemeriksaan ini adalah tes FTA-ABS (fluorescent treponemal antibody absorption), yang digunakan untuk memperkuat hasil tes penyaringan yang positif. Pada fase primer atau sekunder, diagnosis sifilis ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan mikroskopis terhadap cairan dari luka di kulit atau mulut.
Pengobatan untuk sifilis
Pengobatan untuk sifilis primer dan sekunder baik melibatkan suntikan antibiotik tunggal, suatu program suntikan, tablet antibiotik atau kapsul. Penisilin adalah pengobatan yang paling umum, jadi memberitahu dokter Anda jika Anda alergi terhadap penisilin. Pengobatan biasanya berlangsung sampai 14 hari.
Beberapa antibiotik berinteraksi dengan pil KB kombinasi dan patch kontrasepsi, membuat obat sifilis kurang efektif, jadi perlu memeriksakan hal ini dengan dokter atau perawat. Untuk menghindari infeksi ulang, setiap pasangan seksual juga harus dirawat. Tanpa pengobatan, infeksi dapat menyebabkan serius kerusakan jangka panjang dan mengakibatkan kematian.

Bagaimana menghindari PMS
  1. Kondom pria dan wanita, bila digunakan dengan benar, dapat membantu melindungi terhadap PMS. 
  2. Sebelum Anda melakukan hubungan seks, berbicara dengan pasangan Anda tentang menggunakan kondom. 
  3. Gunakan kondom setiap kali berhubungan seks.
Anda sedang membaca artikel tentang PENYAKIT SIFILIS (RAJA SINGA) dan anda bisa menemukan artikel PENYAKIT SIFILIS (RAJA SINGA) ini dengan url http://katumbu.blogspot.com/2012/07/penyakit-sifilis-raja-singa.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel PENYAKIT SIFILIS (RAJA SINGA) ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link PENYAKIT SIFILIS (RAJA SINGA) sumbernya.

5 komentar:

  1. ijin coppi,, kerjaku mengopi..

    BalasHapus
  2. Waduh skalinya sangat mengerikan ua ... ane kira cman AIDS az skalinya Spilis ua menakutkan .... hrus wajib di hindari nch gan ...

    BalasHapus
  3. it was very nice to avoid diseases upright want it her all just be safe..togel singapore

    BalasHapus