Home » » MAKALAH MARASMUS

MAKALAH MARASMUS


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kurang kalori protein merupakan salah satu masalah gizi masyarakat yang utama diIndonesia. Upaya untuk meningkatkan keadaan gizi masyarakat telah dilaksanakan melalui berbagai program perbaikan gizi oleh Departemen Kesehatan bekerja sama dengan masyarakat. Menurut Survai Kesehatan tahun 1986 angka kejadian gizi buruk pada anak balita 1,72% dan gizi kurang sebanyak 11,4.

Berbeda dengan survai di lapangan, insiden gizi buruk dan gizi kurang pada anak balita yang dirawat mondok di rumah sakit masih tinggi. Rani di RSU Dr. Pirngadi Medan mendapat 935 (38%) penderita malnutrisi dari 2453 anak balita yang dirawat. Mereka terdiri dari 67% gizi kurang dan 33% gizi buruk. Penderita gizi buruk yang paling banyak dijumpai ialah tipe marasmus. Arif di RS. Dr. Sutomo Surabaya mendapatkan 47% dan Barus di RS Dr. Pirngadi Medan sebanyak 42%.

Hal ini dapat dipahami karena marasmus sering berhubungan dengan keadaan kepadatan penduduk dan higiene yang kurang di daerah perkotaan yang sedang membangun dan serta terjadinya krisis ekonomi di ludonesia. Tulisan ini bertujuan
untuk membahas sebab-sebab terjadinya marasmus, patofisiologi, diagnosis, pencegahan dan pengobatannya pada anak balita.

B.     Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui tentang marasmus, diantaranya dari pengertian, penyebap, tanda dan gejala, penangananya dan komplikasinya.
2.      Untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dosen mata kuliah gizi.

C.    Metode Penulisan
Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode kepustakaan dimana penulis membaca dan mengumpulkan beberapa materi dan artikel - artikel yang berhubungan dengan marasmuz.


BAB II
PEMBAHASAN

MARASMUS

A.    Pengertian
Marasmus adalah salah satu bentuk kekurangan gizi yang buruk paling sering ditemui pada balita penyebabnya antara lain karena masukan makanan yang sangat kurang, infeksi, pembawaan lahir, prematuritas, penyakit pada masa neonatus serta kesehatan lingkungan.
Marasmus adalah bentuk malnutrisi kalori protein yang terutama akibat kekurangan kalori yang berat dan kronis terutama terjadi selama tahun pertama kehidupan dan mengurusnya lemak bawah kulit dan otot. (Dorland, 1998:649).

Marasmus adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan kalori protein. (Suriadi, 2001:196).

Zat gizi adalah zat yang diperoleh dari makanan dan digunakan oleh tubuh untuk pertumbuhan, pertahanan dan atau perbaikan. Zat gizi dikelompokkan menjadi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air. (Arisman, 2004:157).

Fungsi utama karbohidrat adalah sebagai sumber energi, disamping membantu pengaturan metabolisme protein. Protein dalam darah mempunyai peranan fisiologis yang penting bagi tubuh untuk:
.      Mengatur tekanan air, dengan adanya tekanan osmose dari plasma protein.
.      Sebagai cadangan protein tubuh.
.      Mengontrol perdarahan (terutama dari fibrinogen).
.      Sebagai transport yang penting untuk zat-zat gizi tertentu.
.      Sebagai antibodi dari berbagai penyakit terutama dari gamma globulin.

B.      Etiologi
Download Makalah Lengkapnya Klik di sini
Anda sedang membaca artikel tentang MAKALAH MARASMUS dan anda bisa menemukan artikel MAKALAH MARASMUS ini dengan url http://katumbu.blogspot.com/2012/03/makalah-marasmuz.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel MAKALAH MARASMUS ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link MAKALAH MARASMUS sumbernya.

0 komentar:

Poskan Komentar